Telp: 021-82636544

artikel Fungsi Repeater dalam Jaringan Komputer, Berikut Informasi Lengkapnya

Apakah kamu pernah mengalami kendala kesulitan dalam mendapatkan koneksi internet baik di rumah maupun di kantor yang disebabkan karena koneksi wi-fi berada di luar jangkauan? Jika membicarakan soal jaringan komputer, maka kamu akan menemukan perangkat yang bernama repeater. Jika mendengar istilah yang satu ini, maka banyak orang yang bertanya terkait dengan fungsi repeater dalam jaringan komputer.

Bagi orang awam, mungkin akan bingung saat mendengar istilah-istilah dalam jaringan komputer seperti IP address, software, maupun hardware. Jika kamu memperhatikan, Sebenarnya ada beberapa perangkat yang terkadang sulit dibedakan seperti router, access point, dan juga repeater.

Nah, supaya kamu memahami apa itu repeater dan juga fungsi repeater dalam jaringan komputer, maka kamu dapat menyimak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini. Jadi, pastikan kamu simak pembahasannya sampai akhir agar tidak ketinggalan informasinya.

Fungsi Repeater dalam Jaringan Komputer, Berikut Informasi Lengkapnya new

Informasi Singkat Tentang Repeater Adalah

Sebelum membahas lebih lanjut tentang fungsi repeater dalam jaringan komputer, maka sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu repeater. Perlu kamu tahu, repeater merupakan sebuah alat atau perangkat yang memiliki fungsi untuk menyebarluaskan sinyal menuju ke wilayah yang belum terjangkau oleh sinyal Wi-Fi.

Kata repeater sebenarnya berasal dari kata repeat yang berarti mengulang atau pengulangan. Sehingga repeater dapat didefinisikan sebagai alat penangkap sinyal, yang kemudian diteruskan kembali (melakukan perulangan), yang dikuatkan agar sinyal bisa sampai ke wilayah yang berada di sekitar Wi-Fi.

Agar repeater dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, maka alat tersebut harus mendapatkan dukungan dari alat lainnya, di mana alat tersebut adalah client dan access point. Perangkat client memiliki fungsi untuk menerima sinyal dari suatu server, lalu sinyal akan tersebar melalui access point.

Dengan menggunakan repeater, akan membuat jangkauan jaringan lebih luas. Hal ini dikarenakan repeater akan menerima sinyal dan kemudian memancarkan kembali sinyal yang identik dengan sinyal asal, namun dengan menggunakan cara yang berbeda. Pada umumnya, repeater akan memancarkan sinyal tersebut dalam bentuk frekuensi yang berbeda dari frekuensi sinyal asal.

Cek Harga Paket Internet Cepat dan Stabil Disini

Fungsi Repeater dalam Jaringan Komputer dan Manfaatnya

Setelah sebelumnya kita membahas tentang repeater adalah, selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan utama yaitu mengenai fungsi repeater. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, fungsi utama dari repeater sendiri yaitu untuk memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi. Sementara itu, ada beberapa fungsi repeater secara detail, diantaranya yaitu:

1. Memperkuat Sinyal di Wilayah Jangkauan yang Terbatas

Penggunaan alat penguat sinyal tentunya akan membantu dalam mengcover beberapa wilayah dalam jangkauan sinyal yang terbatas. Hal ini bisa terjadi karena repeater dapat menangkap sinyal dan memancarkan sinyal yang lebih kuat dengan frekuensi yang berbeda dari sinyal asal, sehingga kekuatan sinyal akan meningkat.

2. Memaksimalkan Kinerja Sinyal

Fungsi repeater dalam jaringan komputer yang selanjutnya yaitu memaksimalkan kinerja sinyal. Hal ini disebabkan karena sinyal yang tertangkap akan dikelola, lalu diteruskan, jadi sinyal dapat bekerja secara maksimal untuk memperluas jangkauannya. Sehingga, sinyal Wifi dapat digunakan oleh berbagai perangkat komputer maupun perangkat keras lainnya.

3. Mempermudah Akses Perangkat ke Jaringan Terkait

Dengan menggunakan repeater, tentunya user atau pengguna jaringan akan semakin mudah dalam mengakses jaringan, karena WiFi yang mereka gunakan memiliki kekuatan sinyal yang kuat.

4. Meminimalisir Penggunaan Kabel Jaringan

Repeater merupakan alat yang menggunakan jaringan koneksi wireless, dan bukan menggunakan kabel. Sehingga, penggunaan repeater akan membuat pemakaian kabel akan semakin minim.

5. Berbagi Data Menjadi Lebih Cepat

Fungsi repeater dalam jaringan komputer yang terakhir yaitu membuat proses berbagi data akan menjadi lebih cepat. Tidak hanya proses pengiriman data, proses penerimaan data yang menggunakan jaringan repeater dengan sinyal yang kuat akan lebih cepat sampai ke alamat yang dituju.

Cara Kerja Repeater dalam Jaringan Komputer

Sebagai perangkat penguat sinyal, cara kerja repeater dapat dijelaskan dalam beberapa poin sebagai berikut:

  1. Repeater melakukan penerimaan sinyal dari server.
  2. Sinyal yang tertangkap akan dipancarkan menuju wilayah yang dapat dijangkau oleh perangkat.
  3. Sinyal akan diperkuat dengan menggunakan dua komponen yaitu client dan accespoint.
  4. Setelah melakukan penerimaan sinyal yang dipancarkan oleh accesspoint, sinyal akan berubah frekuensi.
  5. Setelah adanya perubahan frekuensi, maka sinyal akan dipancarkan kembali secara berulang agar sinyal lebih kuat.
  6. Proses di atas akan membuat sinyal menjadi lebih kuat, dan jangkauan lebih luas.

Prinsip Kerja Repeater yang Wajib Kamu Pahami!

Setelah membahas tentang fungsi repeater dalam jaringan komputer dan cara kerjanya, maka kamu juga harus mengetahui prinsip kerja dari perangkat yang satu ini. Adapun prinsip kerja repeater dilakukan melalui sistem analog dan digital repeater. Sistem analog adalah sebuah sistem yang dapat mengirimkan sinyal dalam bentuk data analog, di mana daya listrik dari sistem ini menyesuaikan besaran sinyal atau besaran amplitudo yang terkirim.

Sementara itu, sistem digital adalah sistem pengiriman sinyal dalam bentuk digital, di mana data yang terkirim adalah dalam bentuk angka biner (angka 1 dan 0) serta ada beberapa proses kerja tambahan lainnya. Sinyal kuat sangat dibutuhkan untuk mengakses sebuah data, namun data tersebut tidak akan bisa terkirim walaupun diterima oleh perangkat jaringan komputer tanpa adanya alat yang bernama router.

Perlu kamu tahu, router merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan internet ke satu atau lebih perangkat. Hal ini juga dilakukan agar pengguna dapat melakukan pembagian paket data internet antar jaringan.

Jenis-jenis Repeater yang Wajib Kamu Pahami

Setelah mengetahui fungsi repeater dalam jaringan komputer, kamu juga perlu tahu bahwa repeater memiliki beberapa jenis yang tentunya mempunyai perbedaan satu sama lain, diantaranya sebagai berikut:

1. Telephone Repeater

Jenis-jenis repeater yang pertama, yaitu telepon repeater. Perangkat repeater ini berfungsi untuk menguatkan sinyal telepon yang melemah karena jarak sinyal yang jauh. Perangkat yang satu ini biasanya dipasang pada saluran telepon jarak jauh dengan tujuan agar sinyal yang diterima antar pengguna bisa stabil dan selalu bagus.

2. Radio Repeater

Radio repeater merupakan jenis-jenis repeater yang berfungsi untuk menguatkan sinyal radio termasuk jaringan WiFi. Jenis repeater yang satu ini biasanya memiliki bentuk yaitu memiliki antena yang berfungsi sebagai receiver dan transmitter sinyal.

3. Optical Communication Repeater

Jenis-jenis repeater yang terakhir yaitu jenis perangkat repeater yang fungsinya yaitu untuk memperkuat sinyal pada kabel fiber optic. Kabel fiber optic yang biasanya digunakan pada internet Wifi seperti Indihome umumnya memanfaatkan perangkat repeater jenis ini untuk memperluas jaringan internet dengan kabel tersebut.

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap mengenai fungsi repeater dalam jaringan komputer yang sudah kami rangkum untuk kamu. Semoga pembahasan tadi dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu seputar perangkat repeater yang berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi.