Telp: 021-82636544

Pengertian dan Jenis Kabel Fiber Optik Berdasarkan Jumlah Core

Penggunaan fiber optik dalam sebuah jaringan kini semakin diminati oleh masyarakat sehingga banyak perusahaan yang bergerak di bidang ISP dan MSP mulai memberikan pelayanan pemasangan dan instalasi internet dengan menggunakan kabel fiber optik. Fiber optik merupakan jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik sehingga sangat halus dan dapat mentransmisikan data secara maksimal dan optimal.

Kabel yang memiliki peran penting dalam sebuah jaringan ini ternyata bisa dibagi menjadi jenis kabel fiber optik berdasarkan jumlah core atau bagian inti berupa kaca tipis yang bisa menghantarkan cahaya. Untuk mengetahui lebih detail tentang pengertian dan jenis kabel fiber optik berdasarkan jumlah core berikut penjelasan lengkapnya!

Pengertian dan Jenis Kabel Fiber Optik Berdasarkan Jumlah Core

Pengertian dan Jenis Kabel Fiber Optik Berdasarkan Jumlah Core

Pada dasarnya, komposisi kabel fiber optik terbuat dari serat kaca murni yang tipis dan panjang serta memiliki diameter yang sangat kecil. Komposisi ini yang membuat kabel fiber optik menjadi media transmisi data yang sangat cepat dan stabil. Secara rinci, kabel fiber optik terdiri dari cladding, core, dan buffer coating. Cladding merupakan pelindung yang bisa memantulkan cahaya inti dalam kabel fiber optik.

Sedangkan, buffer coating merupakan pelindung kabel berbentuk plastik untuk melindungi bagian internal dalam kabel. Nah, core merupakan bagian inti yang berbentuk kaca tipis dan berfungsi untuk mentransmisikan cahaya. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa jenis kabel fiber optik berdasarkan jumlah core yaitu jenis kabel fiber optik berdasarkan jumlah bagian inti atau serat kaca yang ada di dalam kabel tersebut.

Nah, cara kerja core tentunya mentransmisikan cahaya sehingga semakin besar core maka semakin banyak cahaya yang akan ditransmisikan ke dalam fiber. Jenis kabel optik berdasarkan jumlah core dapat dibagi menjadi dua yaitu single mode fiber dan multi mode fiber. Untuk memahami kedua jenis kabel fiber optik berdasarkan jumlah core ini maka berikut penjelasan lengkap yang sudah kami rangkum:

1. Jenis Kabel Fiber Optik Single Mode Fiber

Jenis kabel fiber optik berdasarkan jumlah core yang pertama yaitu bernama single mode fiber atau disebut juga sebagai jaringan kabel fiber optik yang memiliki transmisi tunggal. Sehingga, jenis kabel fiber optik yang satu ini hanya bisa mentransmisikan cahaya melalui satu bagian inti saja. Selain itu, single mode fiber memiliki bentuk inti yang lebih kecil dengan diameter 9 mikrometer.

Core kabel single menyalurkan gelombang cahaya dari sinar inframerah dengan panjang gelombang kurang lebih 1300 hingga 1550 nanometer. Dengan kata lain, jenis kabel fiber optik single bisa mentransmisikan data dengan jarak yang lebih jauh. Hal tersebut dikarenakan bagian inti pada jenis ini memiliki posisi kabel yang lurus tanpa terlilit sehingga tidak ada pantulan yang terjadi pada dinding kabel.

Selain itu, core kabel fiber optik ini biasanya digunakan pada jaringan komputer pada jangkauan jarak jauh, bandwidth yang besar, dan area yang luas. Namun, kelemahannya yaitu pantulan cahaya yang melewati satu inti saja akan menurunkan dan melemahkan kemampuan sinyal jika semakin panjang dan jauh.

2. Jenis Kabel Fiber Optik Multi Mode Fiber

Selanjutnya, jenis kabel fiber optik multi mode fiber atau kabel fiber optik yang memiliki serat khusus untuk mentransmisikan lebih banyak cahaya sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Dengan kata lain, multi mode fiber memiliki inti yang cukup besar dengan diameter 625 mikrometer. Biasanya, kabel jenis ini digunakan untuk keperluan jaringan skala besar dan komersial.

Panjang kabel fiber optik multi mode fiber yaitu sekitar 850 sampai 1300 nanometer, core kabel pada jenis ini dirancang khusus untuk melakukan transmisi cahaya dalam jumlah yang besar dengan jarak yang relatif dekat. Kelebihan dari core kabel jenis ini yaitu pantulan cahaya saat melewati inti akan terus meningkat dan menciptakan sinyal yang lebih kuat dalam proses transmisinya.

Penutup

Sekian informasi tentang pengertian dan jenis kabel fiber optik berdasarkan jumlah core sehingga diharapkan bagi ahli IT atau klien yang membutuhkan jaringan internet fiber optik dapat memilih secara tepat jenis kabel fiber optik yang sesuai dengan kebutuhannya.